picasion.com

Sudahkah Anda Merasakan Biawak Padang Pasir?

Bolehkah makan biawak padang pasir Arab (Dhab) ini? Boleh saja kalau anda sanggup. Nabi Muhammad SAW tidak melarang sahabat dari suku Badui yang telah biasa makan dhab ini. Akan tetapi beliau tidak ikut makan. Kalau sudah lihat gambar-gambar di bawah, pasti sudah mengerti alasannya. Sekarang pertanyaannya darimana mengetahui bahwa Nabi SAW membiarkan para sahabat untuk makan dhab?Tentu saja dari sebuah hadis. Hadis ini berbentuk persetujuan atau istilah arabnya ‘taqrir’, yang berarti segala persetujuan Nabi SAW apabila melihat sesuatu perbuatan dari sahabatnya yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Hadis itu menjadi syariat kepada umatnya kerana persetujuan Rasulullah SAW menandakan bahwa hal tersebut boleh dilakukan. Contohnya ketika Rasulullah SAW melihat Khalid bin al Walid memakan daging dhab (sejenis biawak yang bersih dan hidup di padang pasir) maka baginda SAW membiarkannya saja walaupun baginda SAW tidak memakannya kerana tidak biasa (Hadis sahih riwayat al Bukhari

Mungkin ada yang ngeri atau jijik melihat orang makan dhab. Tapi coba bandingkan dengan contoh lainnya seperti orang yang tidak biasa makan kelinci, tentu mereka tidak sanggup melihat sate kelinci. Lain halnya bagi penggemar kambing gurun, bisa meleleh air liurnya. Dhat di ekspok ke Prancis dan menjadi makanan elit di restoran-restoran sana. Selama binatang tersebut halal dimakan, maka masalah ngeri atau tidak tergantung kepada kebiasaan atau budaya setempat.

Bagaimana dengan jenis biawak-biawak lain? kalau itu tidak tahu hukumnya. Silakan tanya pada ulamak-ulamak yang muktabar. Berikut ini adalah gambar-gambar cara memasak nasi briani dengan lauk dhab. Saya peringatkan anda, kalau anda orang yang jijikan, jangan coba-coba melihat keseluruhan gambar-gambar di bawah ini.


Kejar dan tangkap dhab terlebih dahulu. Jangan lupa memakai baju dan kasut longgar agar mudah untuk berlari. Kalau ada topi bagus juga supaya tidak terlalu kepanasan kepalanya.


Gunakan sandal untuk menjepit Dhab yang ditangkap.


Kalau untuk kenduria, tangkap banyak sedikit. makan pasti puas.


Walaupun bukan ayam atau kambing, jangan lupa disembelih dhab nya ya?


Ekornya jangan dibuang. Soalnya enak juga dijadikan lauk.


Ini dia hasil tangkapan. Jangan muntah ya.


Masak dengan nasi briani.

Siap untuk dimakan beramai-ramai.



picasion.com